Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Nama Keyboard dan Bentuk Keyboard Komputer

Nama Nama Keyboard dan Bentuk Keyboard Komputer

AeloveBel.com - Tidak sedikit orang yang belum bisa membedakan dari bentuk keyboard komputer dan nama-nama keyboard komputer loh.

Bahkan untuk para siswa yang masih duduk di bangku sekolah, masih saja mencarinya di Internet untuk mencari jawaban dari soal-soal yang diberikan gurunya.

Dengan demikian Blog AeloveBel akan membahas nama-nama keyboar komputer dan bentuk-bentuk dari keyboar yang beredar.

Terciptanya keyboard karena terciptanya sebuah komputer dan teknologi pengolahan kata yang hadir di tengah-tengah masyarakat modern, tetapi jangan kita pungkiri bahwa keyboard ini awal mulanya dihadirkan dalam bentuk mesin ketik.

Selain itu, kita juga harus mengenal sejarah pada tahun 1868 bahwa Christopher Latham adalah seorang pencipta keyboard komputer sekaligus pencipta mesin ketik, tentunya hal ini menjadikan dia untuk mengembangkannya kembali sehingga terciptalah sebuah keyboard (mesin ketik) komputer.

Pada tahun 1877, keywboard mulai beredaran di pasaran dengan jumlah tombol terdiri 104 tombol, keyboard ini mulai di pasarkan oleh Perushaan Remington. Pada masa itu keyboar mempunyai kesamaan dalam bentuk dan fungsinya dengan mesin ketik.

Keyboar ini termasuk ke dalam hardware (perangkat keras) tentunya mempunyai peran yang sangat penting dan Keyboard ini juga termasuk alat input pada sebuah komputer yang mempunyai fungsi perintah dan intruksi.

Adapun bentuk keyboard sendiri adalah berupa papan tombol, dimana terdiri dari tombol huruf, tombol angka, tombol symbol, dan karakter-karakter khusus yang mempunyai perbedaan fungsinya. 

Beriku adalah nama-nama keyboard komputer yang telah aelovelbel.com rangkum tentunya dari berbagai sumber yang terpercaya.


Nama Nama Keyboard Komputer

Sebelum Mimin menjabarkan bentuk keyboard komputer, tentunya Mimin terlebih dahulu akan memberikan pengetahuan terkait nama-nama keyboard yang beredar di pasaran.


1. Keyboard Maltron

Keyboard Maltron

Nama keyboar pertama adalah Keyboard Maltron, keyboard ini sangat unik sekali apabila kalian bandingkan dengan keyboard lainnya.

Karena keyboard ini fisiknya agak cengkung ke dalam dengan tujuan untuk mempercepat di saat melakukan pengetikan.

Kenapa Keyboar ini dibuat seperti itu? Hasil penelitian kami bahwa pembuat keyboar malton bahwa pada dasarnya di saat orang mengetik seharusnya menggunakan 10 jari, tetapi kebanyakan orang menggunakan 8 jari saja.

Di sinilah Malton mempunyai keunikan dalam segi bentuk dibuat agak cengkung ke dalam sehingga tidak menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).

Perlu Anda ketahui bahwa, apabila Anda menggunakan maltron maka keyboard ini akan menyesuaikan dengan tangan Anda. 

Dengan demikian pihak Maltron menjamin kenyamanan jari tangan Anda pada saat menggetik sehingga tidak akan menyebabkan RSI yang menyebabkan Anda lelah. 

Tidak sedikit orang yang menguji keyboard ini dan banyak yang mengklaim, bahwa Keyboar Malton bisa meningkatkan kecepatan dalam mengetik.


2. Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg


Nama keyboard komputer yang kedua adalah Klockenberg, Keyboard ini muncul sesudah Qwerty dan Dvorak, dimana keyboar ini dibuat semata-mata untuk menyempurnakan jenis keyboard yang sudah beredar. 

Selain itu Klockenberg ini mempunyai keunikan tersendiri yang memiliki dua bagian, dimana bagian ini terdiri dari bagian kiri dan kanan. Artinya Keyboar Klockenberg ini terpisah dengan sudut 15 derajat dan dibuat dengan miring ke bawah.

Adapun tombol-tombol yang terdapat pada keyboar ini dibuat lebih dekat dengan meja kerja yang akan memudahkan Anda untuk mengoperasikannya, selain itu lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan keyboar lainnya.

Hasil penelitian kami bahwa dengan tata letak seeprti ini dianggap lebih mengurangi beban otot ketika jari-jari dan pergelangan Anda digunakan untuk mengetik sekaligus mengurangi beban otot tangan dan bahu Anda.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa keyboar komputer seperti ini membutuhkan banyak ruang ketika digunakan.


3. Keyboard Dvorak

Keyboard Dvorak

Nama keyboard yang ketiga adalah DVORAK, keyboar ini pertama kali dipasarkan sekitaran tahun 1932 an dan tenyunya keyboard ini disusun dengan mekanis agar tangan kanan Anda memegang beban lebih banyak dibandingkan dengan tangan kiri Anda. 

Hal ini mempunyai perbedaan jauh dengan Keyboar QWERTY yang membebankan tangan kiri Anda lebih banyak dibandingan dengan tangan kanan Anda.

Selain itu, Keyboard DVORAK ini mereka rancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada tombol home row dengan tujuan untuk mengurangi kelelahan pada saat melakukan pengetikan bahasa kerennya nama keyboard ini cenderung lebih argonomik.

Kami telah menguji secara berkala bahwa keyboar ini menunjukkan tata letaknya lebih efisien 10 sampai 15 persen jika kita bandingkan dengan QWERTY.


4. Keyboard Alphabetik

Keyboard Alphabetik

Tahukah Anda bahwa sebelum dibuatnya keyboard QWERTY dan DVORAK, mesin ketik dulunya menggunakan susunan Alphabetik yaitu ABCDE dan seterusnya. Tetapi karena suatu alasan, akhirnya dirubah menjadi QWERTY.

Keyboard Alphabetik ini tidak digunakan lagi dengan tujuan teknologi, tetapi masih bisa Anda temukan pada mainan anak-anak, dengan tujuan anak-anak bisa belajar mengenal huruf alphabet.


5. Keyboard Numeric

Keyboard Numeric

Sesuai dengan namanya, keyboar ini dirancang untuk memasukan bilangan dalam jumlah besar, Keyboar ini banyak dimintai banyak orang untuk kebutuhan tersebut dengan alasan tata letak tombolnya lebih mudah dijangkau dengan tangan.


Bentuk Keyboard Komputer

Setelah Anda mengetahui nama-nama keyboar komputer, selanjunya AeloveBel.com akan membahas bentuk dari keyboar komputer yang sudah beredar di pasaran.

Berikut adalah bentuk keyboar yang bisa Anda pelajari, untuk memenuhi pengetahuan Anda dalam perkembangan teknologi.


1. Keyboard USB

Keyboard USB

Terakhir adalah Bentuk Keyboard USB, diamana keyboard ini banyak digunakan oleh pengguna komputer atau laptop.

Sebab proses pemasangan tidak serumit yang kita banyakan, jenis konektor yang digunakannya juga masih menggunakan konektor USB, tentunya hal ini menjamin Anda dalam proses transfer data yang lebih cepat.

Dengan port USB yang sudah disediakan komputer dan laptop Anda bisa menggunakan Keyboard jenis USB tersebut, sehingga bisa menciptkana transfer data yang efektif.

Apabila Anda bandingkan Keyboar Port USB dan Port jarum-jarum dalam pemasangannya, maka AeloveBel.com menjamin Anda lebih menyukai bentuk keyboar port USB.


2. Keyboard Serial

Keyboard Serial

Tahukah Anda bahwa bentuk keyboard ini menggunakan DIN 5 Male yang berfungsi biasa digunakan atau dipakai oleh komputer-komputer yang berjenis AT. 

DIN 5 Male ini memiliki port pada keyboard serial yang dilengkapi dengan 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer Anda dengan keyboard komputer.

Adapun port pada keyboard tersebut sangat berbeda dengan port keyboard lainnya, mulai dari jenis ukurannya yang cukup besar sampai bentuk kabel yang lebih tebal. 

Perlu Anda kethaui bahwa 5 jarum ini bisa digunakan sebagai detektor keyboard aktif, apabila salah satu mengalami kerusakan pada Keyboar Serial, dengan demikian keyboard tersebut tidak bisa Anda gunakan kembali.


3. Keyboard Wireless

Keyboard Wireless

Bentuk Keyboard yang ke tiga adalah bentuk keyboard wireless, dimana bentuk keyboard ni tidak menggunakan kabel dalam menghubungkan ke komputer, tentunya hal ini sesuai dengan namanya Keyboar Wireless.

Adapun jenis koneksi yang digunakan keyboard ini ialah dalam bentuk Infrared, Wifi, dan Bluetooth untuk menghubungkan ke sebuah komputer, selain itu keyboar ini dilengkapi dengan pemancar dan penerima.

Perlu Anda ketahui bahwa unit pemancar yang dimiliki keyboard ini terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerimanya di pasang pada port USB atau serial pada CPU. 

Kelebihan dari Keyboard Wireless ini tentunya bisa digunakan semua jenis komputer bahkan laptop. Hasil penelitian AeloveBel.com, bahwa Keyboard Wireless ini adalah keyboar favorit masyarakat Indonesia.


4. Keyboard PS/2

Keyboard PS/2

Keyboard ini tidak jauh berbeda dengan dengan keyboard serial, tetapi penggunaannya bisa Anda pakai untuk komputer yang berjenis ATX. Keyboard PS/2 inilah yang sudah banyak digunakan pada kalangan masyarakat.

Apabila Anda akan menggunakan keyboard ini, maka harus hati-hati ketika pemasangan pada komputer Anda, dimana terdapat port yang hampir sama dengan port mouse, hal inilah yang menjadikan Anda harus teliti dalam pemasangan, apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dan tidak mengalami error pada keyboard komputer.

Perlu Anda ketahui bahwa Bentuk Keyboard PS/2 ini menggunakan plug DIN mini yang terdapat 6 jarum sebagai konektor, masing-masing jarum konektor tersebut memiliki fungsi masing-masing, sehingga saling terkait antara jarum satu dengan jarum lainnya pada keyboar.

Itulah Nama Nama Keyboard dan Bentuk Keyboard Komputer yang bisa AeloveBel.com berikan, semoga bisa menambah wawasan Anda. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Nama Nama Keyboard dan Bentuk Keyboard Komputer"