Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia (Singkat, Padat dan Jelas)

Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia - Pada kali ini kami akan membahas mengenai sejarah dari munculnya internet. Internet sudah muncul sejak tahun 2000 namun pada saat itu internet belum sepopuler sekarang dan belum secanggih sekarang.  Internet adalah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, dengan proyek ARPA yang dikatakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Kemudian mendemonstrasikan dengan hardware dan software komputer yang mempunyai program UNIX, anda dapat melakukan komunikasi dengan jarak yang jauh dengan memakai saluran telepon. Proyek ARPANET merupakan bentuk jaringan, kehandalan, untuk mengetahui seberapa besar informasi yang bisa dipindahkan, dan akhirnya standar yang mereka tentukan menjadi salah satu  pembangunan baru yang telah dikenal untuk TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Dulu pada permulaan dibangunnya proyek yakni untuk dipakai keperluan militer. Pada waktu dimana Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang meluas dengan hubungan komputer pada daerah vital dengan tujuan mengatasi masalah jika ada serangan nuklir serta untuk menjauhi terjadinya informasi pusat, yang jika timbul perang dapat mudah dirusak.

Pada awal ARPANET Cuma menghubungkan 4 situs terdiri dari Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana banyak membentuk  jaringan terhubung pada tahun 1969, juga biasanya ARPANET dikenal pada bulan Oktober 1972. Tak hanya itu kemudian proyek ini berkembang cepat pada semua daerah, semua universitas pada negara yang mau bergabung, maka membuat ARPANET kesusahan untuk mengatur.

Maka dari itu ARPANET dibagi untuk dua bagian, yaitu “MILNET” yang dipakai guna keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan jaringan yang pada akhirnya dikenal sebutan nama DARPA Internet, yang lalu disederhanakan untuk Internet.
Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia

Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia Secara Lengkap

Membahas tentang internet, pada jaman sekarang hampir seluruh orang yang tinggal di Indonesia juga Dunia sudah mengenal internet. Dan anak-anak SD juga mulai dapat belajar dengan baik di dunia maya dengan gadget yang mereka punya. Maka dapat dikatakan bahwa masyarakat modern jaman sekarang ini sangat bergantung pada jaringan internet. Sebab mereka semua sudah merasakan pada kemudahan dan keuntungan-keuntungan pada manfaat internet.

Anda dapat belajar cara mendapat uang melalui Internet contohnya  membuat website. Akan tetapi masih sedikit orang yang tau pada sejarah internet dan dapat membuat seperti saat ini. Oleh sebab itu ini adalah mengenai sejarah internet Indonesia dan Dunia. Supaya anda dapat tau dan paham cara awal perjalanan perkembangan di dunia dan Indonesia.

Sejarah Internet di Mulai pada Tahun 1969

Pada waktu itu, Departemen Pertahanan Amerika, U.S. DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), memberi keputusan untuk membuat riset penelitian mengenai cara membuat hubungan pada sejumlah komputer untuk membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal menggunakan sebutan nama Apranet.

Pada tahun 1970, sudah lebih sepuluh komputer yang sukses dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain. Kesuksesan menghubungkan antar komputer ini yang kemudian dapat membuat mereka bisa berkomunikasi serta membentuk jaringan. Pada permulaan ditemukan internet, mereka mendemo kan dengan menggunakan software dan hardware berbaris UNIX, yang dimana terbentuknya Linux.

Hal ini bertujuan pada awal membuat internet pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) adalah proyek militer yang dibuat untuk sistem jaringan komputer yang ditaruh pada daerah-daerah untuk mengatasi jika sewaktu-waktu akan muncul nuklir, dan cara mengantisipasi kendala informasi yang terpusat.

Dengan maksud apabila sewaktu-waktu terjadi perang, tentara militer Amerika dapat langsung bergerak menghancurkan lawan. Pada permulaan didapatkan internet, ARPANET yang dapat memberikan empat situs terdiri dari Stanford University of California, Research Institute, University of Utah, dan Santa Barbara, yang membuat sebuah jaringan pada tahun 1969, secara umum diluncurkan ke publik kepada ARPANET di bulan Oktober 1972.

Tidak dalam jangka waktu panjang setelah itu, proyek dilirik dalam berbagi universitas di negara tersebut maka proyek yang dikerjakan pada ARPANET berjalan dengan cepat yang membuat ARPANET kesusahan menjalankan manajemennya. Banyak keinginan yang mau dikembangkan pada internet, yang dinamakan ARPANET dibentuk menjadi dua, yakni “ARPANET” dan “MILNET”. ARPANET fokus dalam suatu non militer sebagai contoh universitas, perusahaan, dll.

Namun MILNET mengurusi keperluan militer. Yang keduanya, bergabunglah antara jaringan  yang saat ini dikenal denga DARPA internet, yang lalu dikenal dengan nama internet. Sejarah internet Indonesia pada awal tahun 1990-an. Waktu itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal seperti paguyuban network, yang semangat kekeluargaan, gotong royong, dan kerjasama sangat hangat serta terasa untuk para anggotanya.

Sejarah Internet di Indonesia dan Perkembangannya

Walaupun berbeda pada suasana Internet Indonesia, dan juga perkembangan di kemudian yang terasa lebih komersial dan individual pada aktivitasnya, hal yang utama yang melibatkan perdagangan Internet. RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Ono W. Purbo adalah contoh nama-nama legendaris yang tercatat pada sejarah internet pada permulaan di Indonesia tahun 1992 hingga 1994.

Script dokumen mengenai keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat didapat dalam berbagai artikel pada media cetak, surat kabar Kompas yang berjudul “Jaringan Komputer Biaya Murah Memakai Radio” pada akhir tahun 1990 sampai awal tahun 1991. Juga beberapa artikel singkat pada Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989. Para personal sudah membuktikan keahliannya serta dedikasinya pada sebuah pembangunan sejarah komputer di Indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia (Singkat, Padat dan Jelas) dan jangan lupa berikan komentarnya ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia (Singkat, Padat dan Jelas)"

Posting Komentar