Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Pekerjaan Yang Sesuai Kepribadian

Tips Memilih Pekerjaan Yang Sesuai Kepribadian - Banyak orang yang berbondong-bondung untuk mendapatkan pekerjaan, tapi tidak sedikir yang tidak sesuai kepribadian, hal ini tentunya karena kebutuhan yang mendesak dan susahnya mencari pekerjaan sesuai minat dan kepribadian sendiri.

Apabila seseorang bekerja sesuai kepribadian tentunya tidak sedikir orang yang meraih kesuksesan dalam pekerjaan yang dia emban, sebab jika pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian kita, maka pekerjaan beratpun akan berasa ringan.

Itulah pentingnya, jika Anda mencari pekerjaan usahakan sesuai dengan minat dan kepribadian sendiri, karena hal ini bisa menunjang kesuksesan di masa yang akan datang dan bagus untuk masa depan Anda.

Dari permasalahan di atas maka blog aelovebel.com akan memberikan tips bagaimana cara memilih pekerjaan tentunya yang sesuai dengan kepribadian Anda.


Berikut adalah Tips Memilih Pekerjaan Yang Sesuai Kepribadian Menurt Abealove.com

Tips ini kami berikan kepada Anda yang sedang mencari pekerjaan atau mencari jati diri, banyak orang sukses di bidang pekerjaannya, karena mereka memili tips cara mencari pekerjaan yang sesuai minat mereka.


1. Tips Memilik Pekerjaan Sesuai Minat pada Ide

Tips Memilik Pekerjaan Sesuai Minat pada Ide
Ilustrasi: Pekerjaan Sesuai Minat pada Ide

Ide Anda adalah brilian Anda, jika Anda memupunyai ide yang cemerlang dan selalui dipakai oleh seseorang, maka Anda cocok bekerja di bidang penulisan, pengetahuan alam, pengobatan atau bidang arsitek.

Pekerjaan tersebut kami rasa bagi Anda, apabila Anda suka berimajinasi dan menciptkan ide-ide cemerlang untuk orang lain.

Tidak sedikit perusahaan yang mencari seseorang dengan tipe seperti itu, tunggu apalagi, mulai sekarang asah ide Anda dan mulai tawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar tentunya harus mencari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di atas.


2. Tips Memilih Pekerjaan dengan Minat pada Orang

Source: wikimedia.org - Ilustrasi: Pekerjaan Sosial

Tips ini kami arahkan Anda kepada pekerjaan yang berkaitan dengan sosial, dimana pekerjaan ini biasanya Anda akan menemukan orang-orang baru.

Pekerjaan sosail ini dituntut untuk mudah bergaul dan beradaptasi dengan orang lain bahkan sekalipun orang baru Anda kenal.

Selain itu Anda harus menyukai berpergian ke temapt-tempat lain dalam hal ini tempat baru yang akan Anda kunjungi dan tentunya memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Jika Anda rasa diri Anda seperti penjabaran di atas, maka Anda cocok bekerja dibidang Marketing, Konsultan, Sales dan Relasi Publik.

Apabila Anda paksaakan bekerja dibidang Administrasi, maka kami pastikan Anda tidak akan menyukai bekerja di depan komputer, sebab minat Anda dalam bekerja adalah berkaitan dengan orang banyak dan tentunya berinteraksi langsung.


3. Tips Memilih Pekerjaan dengan Minat pada Benda

Source: Kompas.com - Ilustrasi Pekerjaan dengan Minat pada Benda

Memilih pekerjaan sesuai dengan minta dan kepribadian seseorang bisa menggunakan minat pada Benda, kenapa demikian ?

Karena jika Anda adalah seorang yang tidak begitu suka bertemu dengan orang lain, maka pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah pekerjaan sebagai peneliti seperti Administrasi, pekerjaan Akuntansi bahakan pekerjaan Keuangan.

Apabila Anda paksakan bekerja tidak sesuai minat Anda, maka kami pastikan Anda tidak akan maksimal dalam berkerja, itu sudah kami pastikan.


Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian

Dari tips di atas yang sudah kami bagikan, maka Anda coba fahami pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian menurut para ahli.

Menurut John Holland bahwa tipe kepribadian manusia dibagi menjadi 6 tipe, di mana tipe-tipe ini sudah begitu banyak orang mengakuinya.


1. Tipe Realistis

Orang yang bertipe realistis cenderung memiliki keahlian bekerja dengan mesin atau peralatan mekanik. Pekerjaan yang berkutat dengan aktivitas social tidak cocok bagi tipe realistis. 

Orang dengan tipe realistis biasanya praktis, mekanis, dan realistis. Jika Anda termasuk dalam tipe ini, bekerja sebagai insinyur teknik atau pilot bisa menjadi pilihan.


2. Tipe Investigatif

Apabila Anda termasuk orang yang pandai dalam memecahkan masalah, tetapi umumnya menghindari pekerjaan yang sifatnya memimpin/mempengaruhi orang, maka Anda tergolong tipe investigatif. 

Orang dengan tipe realistis biasanya presisi dan intelektual. Bekerja sebagai ahli kimia, dokter gigi, psikiater atau psikolog dan ahli matematika bisa menjadi pilihan bagi orang bertipe investigatif.


3. Tipe Artistik

Tipe artistik merupakan orang-orang yang suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, menulis sastra, tetapi menghindari aktivitas yang rutin dan berulang. Orang dengan tipe artistic biasanya ekspresif, orisinal, dan independen. 

Jika Anda termasuk tipe ini, bekerja sebagai desainer pakaian, penari, komposer, editor buku, dan desain grafis bisa menjadi pilihan.


4. Tipe Sosial

Orang dengan tipe social cenderung suka menolong orang, serta menyukai kegiatan sosial yang mengharuskannya untuk berinteraksi dengan banyak orang. 

Tipe ini merupakan kebalikan dari tipe realistis. Biasanya orang dengan tipe sosial cocok bekerja sebagai guru, penari, konsultan, perawat, atau pekerja sosial.


5. Tipe Usahawan

Beda halnya dengan orang tipe investigatif, tipe usahawan justru senang memimpin dan mempengarruhi orang lain. Tipe usahawan menghindari pekerjaan –pekerjaan yang membutuhkan observasi dan ketelitian mendalam. 

Orang dengan tipe usahawan biasanya enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Cocok bekerja sebagai sales, pengacara, atau hakim.


6. Tipe Konvensional

Apakah Anda menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka, berkas-berkas dan segala pekerjaan yang serba teratur? 

Jika Ya ..!! 

Maka Anda termasuk orang dengan tipe konvensional. Bila Anda termasuk tipe ini, Anda dapat memilih pekerjaan sebagai akuntan, administrasi, staf keuangan dan sekretaris sebagai pilihan karir Anda.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini yang bisa kami bagikan mengenai Tips Memilih Pekerjaan yang Sesuai Kepribadian, tentunya bisa Anda coba sebelum mencari pekerjaan.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Pekerjaan Yang Sesuai Kepribadian"