Cara Mengatasi Bau Kaki Pada Sepatu

Cara Mengatasi Bau KakiCara Mengatasi Bau Kaki Pada Sepatu - Apa yang sahabat cium ketika membuka sepatu yang telah seharian digunakan, entah itu dari kantor ataupun sekolah ? Wangi bukan…? Mungkin lebih wangi dari bau kentut, dan baunya pun sangat khas. Saya yakin semua orang pasti mempunyai keluhan yang sama, termasuk saya dan yang membedakan hanya kadar baunya saja.

Oleh karena itu lewat Aelovebel saya coba untuk berbagi bau (maksudnya informasi…keceplosan) sama sahabat semua. Siapa tahu suatu saat nanti sahabat masuk kesuatu tempat yang mengharuskan membuka sepatu, sahabat tidak akan merasa malu. Apalagi ketika dihadapi dua pilihan, antara kaus kaki bolong dan bau dengan tidak pakai kaus kaki tapi lebih bau lagi…wkwkwkwkwk…lebih baik kabur dech….

Tips Mengatasi Bau Kaki Pada Sepatu

Kembali ke judul yang akan kita bahas cara mengatasi bau kaki. Kaki yang bau biasanya disebabkan oleh keringat yang mengendap pada kaki, dan bercampur bakteri. Ada empat tips yang dapat sahabat terapkan bila mempunyai masalah ini:
  1. Kurangi bakteri pada sepatu dengan sering mencuci bagian dalamnya. 
  2. Anda juga bisa menambahkan bantalan khusus untuk menyerap keringat yang sudah banyak dijual di toko-toko kesehatan. 
  3. Siapkan cuka dan air, dengan perbandingan 1:2, tuang ke dalam ember agar cukup untuk merendam kaki Anda. Rendam kaki Anda setiap malam untuk mengurangi bakteri penyebab bau yang ada di kaki. Atau rendam kaki Anda dalam satu ember air teh hitam dingin setiap hari. Tanin pada teh membunuh bakteri dan menutup pori-pori pada kaki agar kaki kering lebih lama. Bakteri hidup dan berkembang biak di daerah yang lembab. Anda akan melihat hasilnya setelah melakukan ritual ini beberapa hari hingga 1 minggu. Jangan melakukan tips ini jika ada luka terbuka pada kaki. 
  4. Kalau dari ketiga tips tersebut masih belum berhasil….lebih baik sahabat tidak perlu beli sepatu lagi atau mungkin juga kakinya memang bau…kwkwkwkwk… (bercanda…)

Langkah Mengatasi Bau Kaki Secara Alami

1. Mint

Mint adalah bahan yang biasa digunakan untuk menyegarkan mulut. Sepertinya aneh untuk menggunakannya pada kaki. Tetapi ternyata bahwa dengan secara teratur mencuci kaki Anda menggunakan mint, bau kaki akan hilang dengan sendirinya.

3. Deodoran

Selama waktu ini kita sudah terbiasa menggunakan deodoran pada ketiak. Manfaat sebagai pewangi ketiak, maka deodoran ini dapat juga digunakan pada kaki sebagai cara untuk menghilangkan bau kaki. Melakukannya secara teratur dan tekun menggunakan deodoran setiap kali Anda ingin menggunakan sepatu.

4. Antiperspirant

Ada perbedaan antara deodoran dan antiperspirant. Deodoran hanya digunakan untuk menghilangkan atau mencegah bau badan, sedangkan antiperspirant digunakan untuk membasmi bakteri penyebab bau tubuh dan juga untuk mengontrol keringat. Bagaimana menggunakannya dengan deodoran, menggunakannya setiap kali Anda ingin memakai sepatu.

5. Semprot Bau

Semprot adalah cairan yang disemprotkan untuk menghilangkan bau kaki. Semprotkan secara teratur sehingga bau kaki Anda akan segera menghilang.

6. Teh

Teh terkenal sebagai minuman dengan berbagai manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat-zat yang terkandung dalam teh berguna sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi dan anti-bakteri. Karena teh dapat juga digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau kaki secara efektif.

7. Potong Kuku

Kuku kaki berantakan (panjang, kotor) akan menjadi tempat bersarang bakteri yang menyebabkan bau kaki. Oleh karena itu, rajin potong kuku kaki Anda sehingga bakteri tidak dapat menggabungkan lagi. Juga membersihkan tepi kuku.

12. Cuci Kaus Kaki

Kaus kaki digunakan setiap kali kita ingin menggunakan sepatu tertutup. Kondisi yang sirkulasi udara yang tertutup, lembab, dan kurang membuat kaus kaki menjadi sarang bakteri yang akan menyuburkan pengembangbiakan bakteri yang menyebabkan bau kaki. Oleh karena itu, rajin mencuci kaus kaki Anda secara menyeluruh.

13. Ganti Kaus Kaki

Ganti kaus kaki setiap hari atau jika mungkin mengubah mereka dua kali sehari, sehingga kaus kaki tidak menjadi sarang bakteri, karena kaus kaki digunakan sepatu yang tertutup, lembab, dan kurangnya sirkulasi udara.

14. Gunakan Kaus Kaki Khusus


Kaus kaki yang terbuat dari kapas dapat menyerap keringat sempurna. Sehingga keringat yang keluar tidak akan tetap berpegang pada kaki Anda dan membuat kaki Anda bau.

15. Masukkan arang dalam sepatu

Arang dapat menyerap bau yang tidak menyenangkan di sepatu Anda. Memasukkan arang di sepatu adalah cara yang ampuh untuk menyingkirkan kaki bau. Menempatkan arang dalam sepatu Anda setiap kali Anda selesai menggunakan sepatu dan biarkan semalam.

Semoga cara mengatasi bau kaki diatas dapat berguna buat sahabat semua. Akan tetapi kalau ada ide atau saran yang lain, bisa dong minta tolong untuk diposting di kotak komentar agar sahabat yang lain juga dapat mengetahuinya.

Update: (tambahan ide...)

  1. Hendrie k_bejo : "Tip dari saya kalo pake sepatu Pake KOPI,selamat mencoba yah..." (mungkin maksudnya didalam sepatunya dikasi KOPI, tapi gak tau berapa banyak...satu kilo kali...xixixixi)....Nuhun kang
  2. Trihas : "nambahin nih, ganti kaos kaki setiap hari,...cuci kaki dan keringkan sebelum makai kaos kaki... " (perlu stok kaos kaki banyak nich donk)....trims

Terimakasih telah membaca artikel Cara Mengatasi Bau Kaki Pada Sepatu dan jangan lupa berikan komentarnya ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Bau Kaki Pada Sepatu"

Posting Komentar